Sabtu, 16 Juni 2012

MASJID RAYA AL-A'ZHOM, TANGERANG. BANTEN.


MASJID RAYA AL-A'ZHOM (TANGERANG)

Masjid Raya Al Azhom merupakan masjid yang terbesar di Tangerang. Keunikan dari masjid ini adalah kubah-kubahnya yang berukuran raksasa. Masjid ini berdiri di lahan seluas 2.25 hektar dengan luas bangunan mencapai 5.775 m2. Menurut informasi, daya tampung masjid ini mencapai 15.000 jamaah.

Sesuai dengan prasasti yang ada di halaman masjid, pembangunan masjid ini dimulai dengan peletakan batu pertama pada July 1997 oleh walikota Tangerang waktu itu H. Djakaria Machmud. Selanjutnya peresmian dilakukan oleh penggantinya yaitu H. Moch Thamrin pada tanggal 23 April 2003 dan ditandatangani peresemiannya oleh Menteri Agama RI waktu itu yaitu KH Said Agil Al Munawwar.

Pada minggu kemarin 06 Dec 2009, diriku berkesempatan berkunjung ke masjid ini. Kebetulan hari itu ada appointment dengan seorang rekan di sana, sebelum berangkat menghadiri acara walimahan di sekitaran Tangerang.

Untuk menuju masjid tersebut tidaklah sulit. Perjalanan dilakukan dari UKI dengan menaiki bus Patas AC Mayasari 74A yang menuju Tangerang. Bus tersebut melalui tol dalam kota, selanjutnya tol Jakarta – Merak dan keluar di Karawaci. Untuk menuju masjid, aku turun di Kebon Nanas. Perjalanan menuju lokasi disambung dengan menaiki Angkot warna hijau jurusan Serpong – Kalideres.

Sekitar sepuluh menitan kemudian angkot tersebut melalui Jl. Sudirman Tangerang. Dari jalan tersebut beberapa saat kemudian sudah terlihat tampilan masjid Al Azhom dari kejauhan. Selanjutnya turun di depan kompleks Walikotamadya Tangerang. Perjalanan dilanjutkan dengan jalan kaki menyusuri jalanan kompleks menuju masjid Al Azhom.

Wallahua'lam bishshowwab
Semoga bermanfaat
 — with Eman Rais and 48 others.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar