Rabu, 27 Juni 2012

Menara masjid


MASJID

Masjid pada zaman Nabi Muhammad SAW dan para sahabat tidak dilengkapi menara dan kubah. Menara (akar katanya naar=api) masjid pertama dibangun di Basra pada tahun 665 Masehi sewaktu pemerintahan Khalifah Muawiyah bin Abu Sufyan. Sedangkan arsitektur Islam tertua yang menggunakan 'dome' adalah Kubah Batu (Qubbat as-Shakrah), tempat suci di dalam Masjid al-Aqsa di Yerussalem, yang dibangun Abdul Malik bin Marwan, khalifah Ummaiyyah, pada 691 M.
Menara dan kubah masjid mengadopsi kearifan lokal Persia ketika umat muslim pertama kali memasuki wilayah itu dan melihat 'tempat api' persembahan kaum Majusi/Zarathustra. Dinasti Umayah meniru 'budaya syirik' yang tidak pernah diperbuat Rosul SAW berikut para sahabat beliau dan kemudian umat muslim melestarikan sampai sekarang. Bahkan ada beberapa pendapat yang mengatakan bangunan Ka'bah yang terlihat saat ini mencontoh bentuk serupa yang dibuat kaum penyembah api.

Bani Umayah telah mengintrodusir bida'ah dan tetap dipertahankan oleh rezim Wahabi di Saudi Arabia .... Lucunya faham pemurnian Islam ini menolak toleransi terhadap bangunan lain arca misalnya, seperti terlihat pada perusakan terhadap patung Budha di Bamiyan, Afghanistan.

[gambar : menara & kubah Zoroaster (600 SM) di Iran]


https://www.facebook.com/photo.php?fbid=3349892752731&set=o.147028518691121&type=1&theater

Tidak ada komentar:

Posting Komentar