Kamis, 08 Oktober 2009

CUT MUTIAH


Namanya sih masjid Taman Cut Mutiah yang terletak di dekat pasar Boplo bilangan Jakarta Pusat. Bentuk bangunan aslinya dibuat sejak zaman Belanda itu tergolong bangunan bersejarah. Apalagi dulu dijaman masih ada trem, dikloaka Taman Cut Mutiah dengan jalan Cikini raya itu terletak satu terminal pemberhentian trem buat jurusan Gang Kernolong lalu kearah Timur bercabang kejurusan Mesteer Cornelis alias Jatinegara dan yang menuju ke stasiun Senin. Sedangkan dari Boplo meluncur trem yang menuju ke jurusan Tanah Abang yang bisa melanjutkan juga ke jurusan Kota Intan dan Pasar Ikan.

Bertahun hidup di Tangerang dan aktivitas di Jakarta Barat, gak pernah smp ke masjid kenangan semasa SMA 1965 ini, untung kenal dengan Kemas Amin Usman yang menyimpan story di Facebook. Alhamdulillah, makanya jadi ada foto dan datanya. Terimakasih pak Kemas.

MASJID CUT MUTIAH, menggunakan ex gedung NV Bouploeg dibangun tahun 1879, Masjid yang bersejarah dan artistic ini terletak di Jalan Cut Mutiah,Menteng Jakarta pusat.

Kemas Amin Usman ‎..Haryanto Mustafa, bener,.. kalo bukan bulan Puaso, abis Solat disini paketnyo makan Sop buntut Menteng kecil, tempatnyo kecil tapi rasonyo mak'nyus, banyak tamu dari Plembang galak galo,.. Tks,..

 Abah Gaby Alhamdulillah, terimokasihlah buat pic masjid yang nostalgik nih pak Kemas. Dulu semaso SMA 1965 di Jl. GSSJ Sam Ratulangie setelah wajib ikuti mata pelajaran Civic yang sekular itu galak shalat disini, lalu muteri pasar Boplo. Bolehkah saya ikut cuplik dan simpan pic ini di blog napakmasigit? Lah lamo nian dah nyimpen rancangannyo tapi idak jugo kesampean.

Kemas Amin Usman ‎.. Abah Gaby, bangunan ini setelah merdeka antara lain dipakai oleh Departemen agama, baru pada masa exponen 66 oleh Akbar Tanjung, Fahmi Idris DKK HMI dijadikan Masjid.. silahkan menyimpan gambar ini di blog napakmasigit (jgn lupa sebut sumbernya,hehe..) nanti saya kasih foto2 pelengkapnya,..tks..

Abah Gaby Alhamdulillah, ternyata pak Kemas sosok historian handal juga nih. Terimakasih pak sudah saya simpan, berikut link ke fb bapak tinggal klik judul saja.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar